27.3.12

Infeksi Tali Pusat Bayi Baru Lahir






Ibu mungkin takut menyentuh dan merawat sisa tali pusat karena khawatir  menyakiti bayi. Padahal, sisa tali pusat yang kurang terjaga kebersihannya berisiko infeksi. Apalagi, bila kondisi lingkungan di sekitarnya lembap sehingga memudahkan bakteri atau kuman berkembang biak. 


Tali pusat biasanya puput satu minggu setelah lahir dan luka sembuh dalam 15 hari. Sebelum luka sembuh merupakan jalan masuk untuk kuman dan infeksi yang dapat menyebabkan sepsis. Pengenalan secara dini infeksi tali pusat sangat penting untuk mencegah sepsis. 



Ada beberapa gejala yang menandakan bayi baru lahir Anda terkena infeksi tali pusat, seperti: 
  • Tercium bau.
  • Timbul ruam merah atau bengkak di sekitar pangkal tali pusat.
  • Bisa disertai nanah atau cairan lengket jernih
  • Pada beberapa kasus disertai keluhan sistemik, seperti demam, malas minum dan lain-lain.

Infeksi tali pusat lokal atau terbatas
Bila tali pusat bengkak, mengeluarkan nanah atau berbau busuk tapi kemerahan dan bengkak terbatas pada daerah kurang dari 1cm di sekitar pangkal tali pusat maka disebut sebagai infeksi tali pusat lokal atau terbatas

Penatalaksanaan :
Bersihkan tali pusat dengan menggunakan larutan antiseptik (KLorheksidin atau iodium povidon 2,5%) dengan kain kasa yang bersih
Olesi tali pusat dan daerah sekitarnya dengan larutan antiseptik (gentian violet atau iodium povidon 2,5%) delapan kali sehari sampai tidak ada nanah lagi pada tali pusat. Dapat dilakukan ibu di rumah kapan saja bila memungkinkan
.


Infeksi tali pusat berat atau meluas
JIka kemerahan atau bengkak pada tali pusat meluas melebihi area 1 cm atau kulit di sekitar tali pusat bayi mengeras dan memerah serta bayi mengalami pembengkakan perut, disebut sebagai infeksi tali pusat berat atau meluas.

Penatalaksanaan :
Bawa bayi ke dokter dan tetap lakukan perawatan seperti infeksi tali pusat lokal atau terbatas
Oleh dokter akan dilakukan pemeriksaan tanda tanda sepsis pada bayi dan pemeriksaan laboratorium darah serta kultur dan sensitivitas
Dapat diberikan pemberian antibiotik sesuai indikasi
seperti Kloksasilin oral selama lima hari .

Perawatan umum tali pusat pada bayi baru lahir
  • Menghindari kontak langsung dengan air kencing bayi karena air kencing  tersebut adalah salah satu penyebab timbulnya infeksi pada tali pusat bayi. memakaikan popok sekali pakai sebaiknya di bawah pusar.
  • Merawat tali pusat dengan prinsip bersih dan kering. Jadi, saat memandikan bayi, tali pusat juga digosok dengan air dan sabun, lalu dikeringkan dengan handuk bersih terutama daerah tali pusat yang masih berwarna putih di bagian pangkalnya (tali pusat yang bermuara ke perut bayi). Bagian pangkal ini bisa dibersihkan dengan cotton budpovidone yodine) dan biarkan terbuka sehingga cepat mengering, atau dibungkus dengan kasa kering yang steril.
Bunda memang perlu waspada ketika muncul gejala-gejala aneh pada tubuh atau kondisi bayi, agar risiko bisa diminimalisir. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar